Senin, 15 September 2008

JEEP RENEGADE CONCEPT


Pasca 60 tahun Jeep, DaimlerChrysler Corporation akan meluncurkan Jeep edisi terbarunya, yaitu " Renegade " Pada Detroit Auto Show ( 19-27 ) pekan ini. Sesuai dengan namanya, yang berarti pembelot, Renegade dikemas dengan konsep sebuah pembrontakan: tak cuma hebat di medan belantara, tapi juga oke di jalan raya. Karena itu, ketangguhan Renegade sebagai kendaraan off road ditingkatkan, jauh melebihi induknya, Jeep Liberty. Sementara itu, kenyamanannya sebagai kendaraan penumpang pun dilipatgandakan.SUV 2-kursi yang mengaplikasikan penggerak dua tenaga motor elektrik pada aplikasi all-wheel-drive Renegade memiliki tenaga tambahan baterai lithium-ion yang menyediakan 16 kilowatt/jam dengan jarak tempuh 4 mil dalam sekali cas. Berbeda dengan konsep mobil elektrik yang cenderung memusatkan penggunaan pada area kota, Jeep Renegade secara khusus didisain sebagai kendaraan off-road gesit yang juga ramah lingkungan.kemampuan Renegade di medan belantara ditunjukkan melalui rancangan sumbu roda yang lebih lebar. Desain sumbu seperti ini sangat membantu kendaraan untuk mengatasi rintangan khas di medan off road, seperti jalan dengan kubangan yang lebar atau permukaan lintasan yang licin dan penuh gundukan besar. Dengan sumbu yang lebar, tak jadi soal bagi Renegade untuk menghadapi daerah pedalaman di Arizona atau Kalimantan, misalnya. Tapi sebaliknya, Renegade bisa juga menjadi pecundang bila berhadapan dengan medan empuk dan sempit seperti daerah perkebunan di Jawa Barat, yang kerap menjadi areal permainan bagi penggemar jip di Indonesia.Motor elektrik dari Jeep Renegade yang terdiri dari arsitektur alumunium ini, tercatat mampu menghasilkan daya 268 hp dengan tambahan 115 hp datang dari mesin diesel hingga torsi yang dicapai juga cukup impresif. Adapun ekonomis-bahan bakar yang dihasilkan mencapai angka 110 mpg dengan regenerative braking system sebagai suplai tenaga tambahanTapi secara umum, gertakan Renegade sebagai kendaraan lintas medan tak perlu diragukan lagi. Kemampuannya bermanuver misalnya, tergolong jempolan. Dengan menggunakan sistem kemudi rack and pinion, yang selama ini digunakan pada sedan (Liberty adalah jip pertama di dunia yang menggunakan sistem kemudi seperti itu), akan menghasilkan respons mengemudi yang baik. Pengemudi dapat merasakan kondisi permukaan jalan melalui getaran pada setir. Selain itu, diperoleh pula akurasi menikung yang lebih tinggi. Sistem kemudi itu dirangkai pula dengan sistem suspensi independen, berupa per keong (coil spring) untuk roda depan dan per yang dilengkapi penghubung (link-coil) untuk roda depan. Suspensi independen memungkinkan posisi mobil tetap lurus, meski salah satu roda kejeblos atau menjejak permukaan jalan yang lebih rendah dari bagian roda yang lain. Dengan demikian, stabilitas kendaraan dapat tetap terjaga.Dengan mengusung personalitas "one with the nature" (satu dengan alam), eksterior dari Jeep Renegade teraksen melalui pembukaan roda dan pelek berukuran oversized dengan cut-down speedsters windhsield, rubber-clad headlamps and taillamps, palang tengah (roll bar) tanpa atap, dan sarana integrasi "panel" pada area belakang. Potensi area ini ke depannya bisa digunakan untuk berbagai fungsionalitas seperti pemasangan panel muatan untuk sepeda gunung atau bahkan kayak. Tetapi, salah satu konstruksi yang dinilai paling inovatif dalam interiornya adalah penyertaan busa berbasis kacang kedelai pada kursi dan pintu serta chasis yang terbuat dari bahan resin (damar) tak berbahaya, selaras dengan philosopi "alam" yang dianut Jeep Renegade Concept yang digawangi Chrysler LCC ini.

Tidak ada komentar: